Pada program studi Bisnis Jasa Makanan mengadakan kegiatan Table Manner dan Bartender Show di Hotel Jayakarta Yogyakarta. Table Manners pada dasarnya merupakan tata krama dan etika perjamuan secara Internasional. Bagaimana dan apa yang harus dipersiapkan bila menerima undangan jamuan makan, merupakan tujuam Table Manners. Tata krama jamuan makan di setiap Negara, memiliki tata aturan yang berbeda. Aturan-aturan tersebut sangatlah terkait dengan kehidupan social masyarakat sebuah Negara.

Saat ini setiap orang dianggap perlu mengenal tata aturan jamuan makan untuk menjadikannya suatu bagian dari kebutuhan atau bahkan gaya hidup. Dengan mengetahui bagaimana tata krama dan etiket makan minum yang benar, kita akan siap untuk menghadiri atau bahkan menyajikan sebuah perjamuan, yang akhirnya menjadikan kita lebih percaya diri.

Sebagai sebuah instusi yang bergerak dalam bidang perhotelan dan pariwisata, Hotel Jayakarta memiliki kepedulian untuk menjawab kebutuhan akan hak tersebut. Dalam table maner hal utama yang harus diperhatikan meliputi kegiatan didalam :

  1. Memahami kartu undangan.

Pada waktu menerima undangan sebaiknya kita perlu memperhatikan benar siapa yang mengundang untuk hadir dalam jamuan makan yang akan diselenggarakan tersebut.Hal ini penting sebab secara protokoler ada ketentuan bahwa kursi undangan disiapkan sesuai dengan jumlah undangan.

  1. Cara duduk yang baik.

 Posisi kursi diatur sedemikian rupa tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan sisi meja.

 Posisi tubuh tetap tegak dengan menghadap kedepan,tidak terlalu membungkuk pada waktu makan.

 Posisi tangan tetap mengantung.

 Posisi kaki adalah normal,tidak dilipat,tidak pula menumpang satu diatas yang lainnya.

 

  1. Cara menggunakan serbet makan

Selah duduk,undangan dapat mengambil serbet makan yang berada dihadapannya,dibuka kemudian diletaknan diatas pangkuan.Serbet makanhanya digunakan untuk menyeka bibir setiap kali dipandang perlu,mempergunakan bagian ujung yang ditopang jari tengah dan telunjuk.Setiap kali habis digunakan,serbet makan harus selalu kembali keatas pangkuan.Pada saat jamuan selesai,serbet makan tidak usah dilipat rapi,tetapi tidak juga ditinggalkan dalam kondisi terlalu kusut.

 

  1. Cara berbicara di meja makan

Mengenai cara berbicara ini,ada beberapa hal penting yang berguna untuk diketahui:

 Hindarkan berbicara pada waktu makanan masih didalam mulut.

 Hindarkan berbicara dengan gerak tangan yang berlebihan apalagi sambil memegang alat makan.

 Hindarkan berbicara sambil melihat atau menunjuk kearah seseorang atau meja lain agar tidak salah paham.

 Hindarkan memotong pembicaraan orang lain biarkan yang bersangkutan selesai berbicara dan minta maaf untuk menganggu sebentar.

 Hindarkan berbicara dengan suara yang terlalu keras atau lemah.

 Hindarkan menguasai pembicaraan dengan memberi kesempatan pada yang lain untuk berbicara.

 

  1. Cara memperggunakan alat makan
    Pada dasarnya alat makan dapat dibedakan antara lain sendok,garpu dan pisau.
  • Sendok ( Spoon )

Alat ini dipergunakan untuk makanan yang mengandung cairan,terutama sekali soup.Disamping itu makan penutup juga sering mempergunakan sendok sebagai alat makanannya.

  • Garpu ( Fork )

Dipergunakan untuk menusuk dan menyuapkan makanan kemulut.Apabila dipergunakan berpasangan dengan sendok maupun dengan pisau,maka garpu dipegang dengan tangan kiri. Adakalanya satu jenis makanan hanya memerlukan garpu saja sebagai alat makan,dalam hal ini garpu dipegang dengan tangan kanan ( contoh : shrimp Cocktail )

  • Pisau ( Knife )

Dipergunakan untuk memotong makanan dan bukan untukmenyuapkan makanan kemulut.Dalam penggunaanya dipegang 8dengan tangan kanan.

 

Saat sesi bartender dijelaskan berbagai macam tentang minuman diantaranya mocktail dan cocktail dan dijelaskan macam-macamnya. Mocktail adalah sari buah atau jus buah yang dicampur dengan berbagai macam minuman bersoda ringan.Pada umunya minuman mocktail di ciptakan untuk memberikan rasa minuman segar non alkohol, sehingga dapat dinikmati oleh semua orang. Macam-macam mocktail antara lain Blue sunrise mocktail, Lcyhee Lemo Mocktail, Fresh Mocktail, Strawberry squash, dll. Cocktail adalah adalah minuman beralkohol yang dicampur dengan minuman atau bahan-bahan lain yang beraroma. Sebelum disajikan dalam gelas khusus koktail, minuman ini diaduk atau diguncang-guncang supaya bahan-bahannya tercampur. Minuman beralkohol yang sering dijadikan koktail adalah gin, wiski, rum, dan terutama vodka. Cocktail biasanya dibuat dari satu jenis atau lebih minuman beralkohol ditambah perisa berupa liqueur, sari buah, gula, madu, air, es, minuman karbonasi, susu, krim susu, rempah-rempah, bitters, dan sebagainya. Sedangkan macam-macam cocktail antara lain Mojito, Pina Colada, Cosmopolitan, Daiquiri, Margarita, Screwdriver, dll.  Selanjutnya diberi materi juga tentang cara pencampuran berbagai macam minumandan mengajak mahasiswa untuk mencoba melakukannya.

 

@silmi sabila