LDKM merupakan singkatan dari Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa, atau biasa disebut MAKRAB. Tepatnya pada bulan September lalu tanggal 29-30 September 2018, siswa program studi D4 Bisnis Jasa Makanan yang bergabung dengan prodi Manajemen melaksanakan kegiatan rutin mahasiswa baru yaitu LDKM. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar tiap mahasiswa dapat lebih akrab dengan teman sesama prodinya. Apalagi dalam satu prodi tidak hanya terdiri dari satu daerah, namun dari berbagai daerah.

Sebelum acara LDKM sendiri dilaksanakan, para panitia mengadakan Technical Meeting untuk mengumpulkan para peserta untuk pembagian kelompok dan memberi tau hal hal apa saja yang harus dibawa maupun tidak boleh dibawa dan peraturan yang harus dipatuhi para peserta. TM sendiri dilakukan pada hari selasa, 25 September 2018 bertempat di Auditorium kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan pada jam 18.00 WIB.

Pada hari keberangkatan, para maba diberi intruksi untuk berkumpul didepan masjid kampus 1 UAD pukul 07.30 WIB. Dengan membawa barang bawaan yang sudah diperintahkan. Para peserta berangkat menggunakan kendaraan bis yang sudah disediakan oleh para kakak panitia. Selama diperjalanan para maba bernyanyi sambil bersuka ria dan menikmati perjalanan yang kurang lebih satu jam setengah,Kegiatan ini dilaksanakan di Merapi Farma Herbal Kaliurang.

Setelah kedatangan, para peserta LDKM diperintahkan untuk segera barbaris dan menunggu giliran untuk pengecekan masing masing tas oleh panitia. Setelah pengecekan tas, dilanjutkan mencari kamar sesuai yang telah disiapkan oleh panitia. Setelah mendapatkan tempat tidur, membereskan kamar dan sholat dhuhur, semua maba diminta untuk berkumpul kembali di pendopo untuk acara pertama.Di sana para maba mendapat motivasi motivasi untuk bergabung dengan Ormawa, Organisasi maupun UKM. Selain itu juga diberi masukan masukan oleh salah satu dosen. Selain memberikan motivasi, kami juga diminta untuk membuat beberapa kalimat untuk teman kita juga diri kita sendiri.

  

Acara ini berlangsung hingga menjelang magrib. Kami diberi waktu untuk Isoma selama satu jam. Acara berikutnya Promnight. Dengan dreescode hitam putih, kami memasuki pendopo kembali secara berpasang pasangan sesuai yang telah diatur kakak panitia. Di sana kami diberi motivasi kembali oleh para alumni HMPS Manajemen, dan juga hiburan oleh teman teman satu prodi.

Pada pukul 01.00 kami dibangunkan untuk mengikuti kegiatan jurit malam per kelompok. Kami diberi intruksi untuk berjalan mengelilingi tempat kami LDKM dengan tugas dari masing masing pos yang harus kami kerjakan. Selain itu juga kami harus menyanyikan yel yel yang kami buat untuk membuktikan kekompakan kelompok kami. Setelah jurit malam, kami disambut dengan api unggun untuk memeriahkan malam yang dingin kala itu.

Pagi harinya, kami kembali berkumpul dengan baju lapangan yang dibuat kompak untuk acara outbond dan lain lain. Sebelum outbond, kami mengambil sarapan terlebih dahulu. Setelah itu kami memulai kegiatan outbond dan bersenang senang dengan bermain permainan yang telah disiapkan kakak panitia. Tak hanya permainan kering, kami juga bermain permainan basah basah. Pada akhir permainan para peserta dan panitia bermain bersama memainkan tebak tebakan.

Setelah outbond, kami mengakhiri acara dengan color fun. Panitia dan peserta berkumpul dan saling bercanda, melemparkan bubuk warna, bahkan menari bersama. Kami menghabiskan waktu bersama untuk bersenang senang. Seakan melupakan bahwa besok kita masih banyak tugas, kita meloncat bergembira bersama mengikuti alunan music yang diputar. Tak lupa siraman air juga menjadi pelengkap acara color fun tersebut.

Selesai color fun, kami diberi waktu isoma dan mempersiapkan diri untuk kembali keaktivitas masing-masing.Semua para maba sangat menikmati momen singkat LDKM ini. Meskipun hanya sebentar, namun kenangan yang tercipta tidaklah sedikit