Badan Litbang Pertanian memiliki satu program unggulan yaitu Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Komunitas Bumi Ijo merupakan perkumpulan warga di Dusun Ngunan-unan Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Perkumpulan tersebut telah memanfaatkan pekarangan dengan menanami pekarangan dengan tanaman obat, sayuran, buah dan tanaman hias, serta ternak lele. Namun, saat ini hasil dari pekarangan tersebut salah satunya lele masih dikonsumsi sendiri dan belum diolah serta belum dikembangkan secara luas untuk dapat dikomersialkan. Untuk mengoptimalkan peran lahan pekarangan, terutama sumber pendapatan tambahan rumah tangga petani serta dalam menjaga keberlanjutan usaha di lahan pekarangan, maka diadakan pelatihan pengolahan lele menjadi abon dan nugget.

Mahasiswa Bisnis Jasa Makanan terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat melalui pengembangan lele di Dusun Ngunan-Unan tersebut. Melalui bimbingan dosen Marsudi Endang SR, M.M., dua mahasiswa Bisnis Jasa Makanan UAD bernama Ismayatun dan Anisa Nur Baitirahman berbagi pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah lele menjadi nugget dan abon pada hari Sabtu, 19 September 2020.

Pada kesempatan ini tim memberikan informasi mengenai manfaat, langkah-langkah, resep pengolahan lele diolah menjadi abon dan nugget. Tim juga mempraktekan bagaimana tahap-tahap pembuatan abon lele dan nugget, sehingga peserta bisa langsung melihat dan ikut berpartisipasi mengolah lele menjadi abon dan nugget. Selain pembuatan lele dan nugget, pada kesempatan ini diberikan edukasi mengenai gizi dari olahan tersebut. Lebih lanjut narasumber memberikan perincian bahan baku dan harga pokok produksi, sehingga peserta bisa memperkirakan biaya, harga dan penerimaan yang akan diterima.