Ibu-ibu PKK Desa Somongari tampak antusias menghadiri kegiatan pelatihan pembuatan keripik bayam dan mie sayur (sayur sawi dan buah bit) pada hari Ahad, 9 Agustus 2020. Pasalnya, kegiatan tersebut bisa memberikan keterampilan dalam memanfaatkan hasil pekarangan yang sedang dikelola. Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing. Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, diikuti kurang lebih 25 peserta. Pelatihan di kondisi pandemi ini dilaksanan di ruang terbuka dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Pelatihan pembuatan keripik bayam dan mie sayur (sayur sawi dan buah bit) disampaikan oleh mahasiswa Bisnis Jasa Makanan UAD bernama Milenia Indah Wisudawati, Putri Cahya Pertiwi, Irbah Umaniyah, dan Nina Rohali Pangestuti. Kegiatan ini juga sebagai bentuk pengabdian masyarakat mahasiswa dalam berbagi pengetahuan dan keterampilan yang sudah diperoleh selama perkuliahan di Program Studi Bisnis Jasa Makanan UAD. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan hasil pertanian warga desa Somongari, dimana mereka memiliki hasil pertanian organik yang cukup melimpah. Kegiatan pengabdian ini merupakan kegiatan yang didampingi oleh Dosen Bisnis Jasa Makanan UAD, Nurul Putrie Utami, S.Gz., M.P.H.

Sebelum melakukan kegiatan pelatihan, terdapat penyampaian materi secara umum tentang kegiatan pelatihan yang akan dilakukan mulai dari mie ayam sawi, mie ayam bit, stik wortel dan keripik bayam yang kemudian dibuka sesi tanya jawab kepada ibu-ibu PKK mengenai materi yang disampaikan. Setelah selesai sesi tanya jawab, kemudian dimulailah praktik pembuatan keripik bayam dan pembuatan mie ayam organik. Ibu-ibu PKK menyaksikan dan dipersilahkan untuk bertanya apabila ada langkah-langkah selama proses pembuatan masih kurang jelas. Selain itu, peserta juga dipersilahkan untuk mencoba, mulai dari menggoreng hingga pengovenan dan penggilingan mie.